Destinasi Wisata di Jogja – Jogja atau Yogyakarta adalah Ibukota yang kaya akan budaya dan peninggalan sejarah. Tambahan, Di Jogja Anda akan menemukan komunitas perkotaan yang damai dengan tradisi terpercaya dari masyarakat setempat.

Dengan adanya objek wisata ini, Jogja menjadi destinasi yang wajib dikunjungi para wisatawan. Berikut beberapa tips wisata dari Jogja yang harus Anda kunjungi saat liburan. Dari wisata budaya seperti candi dan keraton hingga wisata belanja dan alam. Semuanya bisa ditemukan di Yogyakarta. Di bawah ini adalah daftar tempat wisata di Jogja yang direkomendasikan.

1. Kalibiru Kulon Progo

WISATA KALIBIRU Tiket & Pesona - April 2022

Tempat wisata di jogja ini menawarkan pemandangan yang indah jika dijadikan sebagai latar untuk menikmati pemandangan jogja dari ketinggian. Resor ini terletak di kawasan Perbukitan Menoreh dan menawarkan pemandangan danau yang indah. Nikmati pemandangan sejuk dan segarnya udara pegunungan.

Untuk menuju Kalibiru Pergilah ke arah barat Jogja untuk mencapai kawasan Kulon Progo. Untuk suasana yang lebih menyenangkan. Tiba di Kalibiru pada sore hari. Anda dapat menikmati indahnya matahari terbenam dengan melukis pegunungan hijau yang sejuk. Anda bisa menikmati sunset dengan tenang di destinasi wisata ini.

2. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu: Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Museum ini terletak di Sleman, Kaliurang. Ini adalah museum trik dan patung. Museum ini memiliki luas 1,2 hektar dan terletak di dataran tinggi dengan udara sejuk dan suhu 15 hingga 20 derajat Celcius.

Destinasi ala museum di Jogja ini terletak di Kerajaan Mataram. Berisi kumpulan masa depan Yogyakarta dan khazanah budaya sejarah Kerajaan Solo. Pengunjung museum harus mengikuti aturan tertentu. Karena fotografi tidak diperbolehkan, Anda dapat lebih memperhatikan penjelasan pemandu museum, yang akan memberi tahu Anda sejarah museum.

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan | Hotel Grand Rohan Jogja

Situs peninggalan Hindu terbesar adalah Kabupaten Sleman, 17 km sebelah timur Jogja. Anda bisa sampai di sini menggunakan Trans Jogja dan mengakses WIB dari pukul 06:00 hingga 17:00. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada masa Rakai Pikatan.

Diyakini ada 240 candi, besar dan kecil. Namun pemugaran candi hanya berhasil membangun kembali 18 candi. Candi Trimurti atau tiga candi Hindu tertinggi; Tuhan Sang Pencipta Ada delapan pagoda yang menghancurkan Bishnoi dan Siwa.

Setiap Selasa malam di Gereja Prambanan. Mainkan Ramayana setiap Kamis malam dan Sabtu malam. Pertunjukan ini memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk pertunjukan tari terbanyak dari tahun 1961 hingga 2012. Selama musim kemarau, pertunjukan tari diadakan di luar Candi Prambanan dalam cahaya terang.

4. Candi Kalasan

Candi Kalasan Wisata Candi Budha Tertua - April 2022

Tempat wisata di Jogja melestarikan kekayaan warisan budaya nusantara. Sebuah objek wisata di Yogyakarta yang menawarkan keindahan sebuah candi. Candi Kalasan adalah candi Budha tertua di Jogja, makam Rakai Panangkaran dari Dinasti Syailendra. Candi ini disebut Candi Tara. Namun karena letaknya di Kalasan, maka candi ini dikenal dengan nama Candi Kalasan.

Bahkan Candi Tara atau Candi Kalasan selesai dibangun pada tahun 778 Masehi. Candi Kalasan berbentuk bujur sangkar dengan lebar 45 meter dan tinggi 34 meter. Candi ini dibangun di kaki candi. Bahkan Candi ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu badan candi dan atap candi. Tubuh candi menonjol di bagian tengah. Ada 52 pagoda di sekitar pagoda dan tingginya 4,6 meter. Anda dapat melihat keindahan Candi Kalasan setiap hari dari jam 8:00 pagi sampai 5:00 sore.

5. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas

Siapa yang suka pantai? Pastikan untuk mengunjungi Pantai Jogja yang harganya jutaan rupiah. Pantai Wediombo adalah salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Jogja. Pantai ini menjadi spot mancing favorit di Bukit Karang untuk berbagai jenis ikan laut.

Pantai Wediombo juga memiliki danau sendiri dengan ombak yang teratur di pesisir selatan. Kolam ini memiliki kedalaman 1,5 meter dan dapat digunakan sebagai kolam renang untuk menikmati air laut yang jernih. Anda juga bisa menyelam di tempat-tempat favorit wisatawan. Anda bisa mengunjungi Pantai Wediombo yang ramai untuk menikmati liburan Anda.

Baca juga : 5 Wisata Alam di Jakarta dengan Panorama Alam yang Memukau