Pesona Geopark Ciletuh – Nama Geopark Ciletuh memang identik dengan keindahan alam Jawa Barat Selatan. Taman yang meliputi delapan kecamatan di Kabupaten Sukabumi ini menjadi tema UNESCO Global Geopark sejak April 2018. Ahli geologi percaya bahwa ini adalah bukti paling awal dari pembentukan Jawa.

Akumulasi lempeng samudera dan benua lebih dari 60 juta tahun yang lalu menciptakan bentang alam yang unik di Geopark Ciletuh. Pantai; Pegunungan; Akses langsung ke air terjun dan desa adat. Tidaklah cukup mengunjungi setiap sudut taman dunia ini.

Banyak tempat menarik di Sukabumi, seperti Ujung Genteng, Pilihan lainnya adalah menambahkan 15 objek wisata Geopark Ciletuh ke dalam daftar destinasi impian para penjelajah alam.

1. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang: Informasi Rute dan Harga Tiket Masuk

Lalu dimanakah pintu masuk Geopark Ciletuh? Pantai Palangpang adalah jawabannya. Geopark Ciletuh merupakan tempat yang menarik untuk berfoto di pantai ini. Sertifikat Rp 5.000; Berenang dan berkemah di pantai.

Jalan kaki langsung dari Pantai Palangpang menuju Curug Cimarinjung. Jelajahi Kunti dan Mandra dengan menyewa perahu nelayan untuk memancing. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang paling populer: Toilet termasuk tempat parkir yang luas dan wisma tamu. Tertarik bermalam di bawah bintang laut di Pantai Palangpang?

2. Pantai Ujung Genteng

√ Pantai Ujung Genteng: Kondisi Saat ini & Tiket Masuk

Pantai Ujung Genteng sangat populer di kawasan ini. Bahkan Pantai ini memiliki panjang 16 km dan memiliki pantai pasir putih. Ombak ini menjadikan Ujung Genteng sebagai pusat peselancar dunia. Ya, Anda lebih tahu nama Pantai Ujung Genteng daripada Geopark Ciletuh.

Berenang di Pantai Ujung Genteng. Anda dapat mengambil foto dan menunggu matahari terbenam. Wisatawan harus membayar Rp 10.000 sebagai tiket ke area pantai. Restoran; Toilet Anda juga dapat menemukan fasilitas seperti mushola dan penginapan. Sebagian besar wisatawan berperabotan lengkap ingin merasakan kehormatan Ujung Genteng. Lihat orang lain di halaman ini; Pilih dari pantai dan gua di desa Sukabumi.

3. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan, Hidden Gems Baru di Sukabumi - Bandung - Bisnis.com

Pantai Pangumbahan memiliki kandungan silika yang tinggi. Untuk informasi Pasir silika atau pasir kuarsa digunakan untuk membuat ubin. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk penyaringan kaca dan air. Anehnya, bukit pasir mandi di bawah sinar matahari. Ini adalah ide bagus untuk objek fotografi.

Pantai Pangumbahan juga merupakan tempat bertelur bagi penyu hijau. Anda bisa melihat penangkaran penyu di kawasan pantai ini. Hanya dibutuhkan Rp 5.000 dan Anda bisa melihat penyu bertelur di malam hari. Selain itu, ombak juga melintasi pesisir Laut Cina Selatan. Bersantai di berkemah atau berselancar.

4. Pantai Muara Cipanarikan

Lokasi Pantai Cipanarikan Ujung Genteng Sukabumi, Peta Letak Jawa Barat | JejakPiknik.Com

Untuk menuju Pantai Muara Cipanarikan cukup sulit. Jalan menuju ke sini sangat sempit dan Anda harus naik jeep. Sepanjang jalan dari Pantai Pangumbahan Anda bisa melintasi hutan dan jalan berlumpur. Sulit untuk berkendara ke pantai, tetapi lebih mudah untuk sampai ke sana.

Pasir putihnya benar-benar menyatu dengan laut dan langit biru. Tepi sungai menciptakan warna hijau-biru yang unik. Foto Jelajahi kawasan mangrove ini sambil menunggu matahari terbenam dan berselancar.

5. Puncak Darma.

Puncak Darma, Bukit Tempat Memandang Indahnya Geopark Ciletuh

Ingin mengabadikan lanskap Geopark Ciletuh yang sempurna? Puncak Dhamma; Anda bisa mengunjungi Ciemas. Terletak 230 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menikmati semua pemandangan Geopark Ciletuh sekaligus. Pantai selatan dan laut biru berpadu indah dengan air terjun hutan di utara.

Untuk mencapai Puncak Darma Keluar dari tempat parkir Curug Cimarinjung. Jalannya berlumpur dan berbatu, sehingga membutuhkan waktu sekitar 1,5-2 jam berjalan kaki. Anda bisa menyewa ojek atau mobil 4WD. Seperti suara kuda, itu adalah pemandangan terindah di pantai Palangpang. sangat cantik!

6. Puncak Tugu

KAWASAN SELFI PUNCAK TUGU DENGAN BERBAGAI VIEW | DISCOVER SUKABUMI

Kecuali puncak Gunung Dhamma. Anda juga bisa singgah di Puncak Tugu untuk mengunjungi Geopark Ciletuh. Yang paling menonjol dari puncak ini adalah area foto bernama I LOVE U dan ukuran serta bentuk banyak air terjun. tebing tinggi; Aliran sungai yang berkelok-kelok dan rimbunnya pepohonan hijau menjadi latar belakang foto yang indah.

Di kejauhan Anda bisa melihat laut biru cerah di bawah matahari. Selain berfoto, camping akan membuat Anda bisa menghabiskan malam yang sejuk di Puncak Tugu. Puncak Tugu di Geopark Ciletuh tidak mengherankan bagi wisatawan sebagai tujuan romantis.

7. Bukit Panenjoan

10 Foto Bukit Panenjoan Purwakarta, Rute Lokasi Alamat Wisata Alam Dimana | JejakPiknik.Com

Bukit Panenjoan adalah tujuan populer lainnya untuk Geopark Ciletuh. Di depan kantor Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI). Rasakan Ciletuh Geopark sambil berfoto. Nikmati keindahan alam lengkap dengan keindahan yang tak terlukiskan.

Namun jangan lupa mampir ke Museum Geopark Ciletuh dan Arboretum di Bukit Panenjoan. Museum ini menyajikan fakta dan angka tentang keberadaan taman bumi ini. Sementara itu, Anda akan menemukan koleksi unik di Arboretum. kekayaan geologis; Dari keanekaragaman hayati hingga warisan budaya yang dilestarikan di Geopark Ciletuh. Bukit Panenjoan adalah tempat yang bagus untuk melihat beberapa lanskap Indonesia yang luas.

8. Gunung Gebang

Bukit Gebang, Tempat Foto "Instagramable" di Bangka Selatan

Seperti Puncak Darma dan Puncak Tugu, salah satu titik tertinggi di kawasan perbukitan Ciletuh ini merupakan hasil pengembangan diri masyarakat setempat. Di Puncak Gebang Anda dapat menikmati panorama laut dari jembatan penyeberangan.

Jika Anda mengambil sudut kanan foto, Anda dapat melihatnya mengambang di laut. Puncak Gunung Gebang Jika Anda ingin mengisi akun media sosial Anda dengan foto-foto indah yang tidak dapat diposting di Instagram. Berhenti di Puncak Darma dan Puncak Tugu.

Baca Juga : Pengertian, Objek Pembelajaran, dan Ciri-ciri Sains