Terletak di pantai Mediterania, Marseille kota wisata mimpi laut biru Prancis adalah salah satu tujuan paling terkenal di Prancis. Selain lingkungan modern, Marseille masih memiliki pesona dan pesona kuno. Berjalan-jalanlah melalui jalur sempit Panier Quarter, nikmati aroma bouillabaisse atau naik perahu santai ke kanal sempit yang disebut calanque.

Marseille kota mimpi laut biru dari Perancis

 

  • Legenda romansa, Marseille

Marseile

Sumber : google

Kota pelabuhan Marseille menjadi saksi asmara antara seorang petualang Phocéan bernama Protis, seorang pecinta petualangan, dari Yunani, dan putri Gyptis, dari Ligure. Secara kebetulan, para pelaut Phocéen tiba pada hari ketika pemimpin Ligure ingin menemukan seorang pria untuk menikahi putrinya. Menurut kebiasaan saat itu, setelah tarian romantis, Putri Gyptis akan meletakkan segelas anggur di kaki kekasih yang ingin dinikahinya. Dan petualang Protis adalah orang yang beruntung untuk dipilih. Saat itu, Marseille disebut Massalia, kemudian diubah menjadi Marseille.

Informasi tentang Marseille sebelumnya berkisar pada bisikan bahaya yang mengintai di tempat kejahatan, kekerasan, narkoba, kemiskinan, imigran, dan geng mafia selalu merajalela. Jika Anda pernah melihat serial Taxi, dan French Connection, dua film klasik tentang situasi mafia yang populer di Marseille beberapa tahun lalu, akan mudah membayangkan sebuah kota yang terkenal dengan kejahatannya.

Namun, itu hanya cerita masa lalu. Saat datang ke kota pelabuhan ini, Anda akan dikalahkan oleh keindahannya yang menawan. Sangat kontras dengan dingin dan kelabunya kota Paris meskipun ini adalah awal musim panas, tur Prancis di Marseille penuh dengan sinar matahari dan diselimuti oleh warna biru laut dan langit yang magis dengan keindahan penuh vitalitas. dengan penuh semangat menyaksikan kota pelabuhan Marseille bersinar di bawah sinar matahari seperti seorang pemuda yang penuh vitalitas.

  • Kota pelabuhan yang ramai dengan budayanya sendiri

Marseille

sumber : Google

Marseille adalah salah satu kota tertua di Eropa dan kota terbesar kedua di Perancis . Terletak dengan damai di perairan biru wilayah Mediterania, Marseille bukanlah kota pantai yang direncanakan secara stereotip tetapi penuh pesona dengan banyak sudut, warna dan garis yang beragam, penuh dengan kepribadian seniman dengan semua tingkatan yang berbeda. Pernah dianggap sebagai tempat dengan banyak medan yang tidak menguntungkan di Prancis, Marseille kini mengalami perubahan dramatis menjadi pusat budaya dan ekonomi yang berkembang, tetapi masih mempertahankan karakteristik primordial Prancis.

Selain jalan raya utama yang indah dengan bangunan tua yang mewah, Marseille juga memiliki atap berlumut, blok apartemen tua, pintu cat yang mengelupas, dinding penuh seni grafiti. , tangga tersembunyi di gang-gang kecil. Kota ini adalah gambaran multidimensi yang penuh warna yang dipenuhi dengan pemandangan, suara, dan aroma yang membuat indra Anda tetap aktif.

  • Pelabuhan  Marseille

Marseille

Sumber : Google

Ada begitu banyak tempat untuk dikunjungi, begitu banyak hal untuk dilihat saat bepergian ke Prancis di Marseille. Pegunungan kapur putih, ruang lapang, sinar matahari keemasan, laut biru, dan angin kencang, semuanya menciptakan Marseille biru yang harmonis, menawan, dan merupakan tujuan yang bagus bagi wisatawan pada umumnya dan para pecinta Seni, khususnya fotografer.

Pertama-tama, ketika datang ke Marseille, kita harus menyebut Pelabuhan Vieux, jantung kota. Saat ini, Pelabuhan Vieux bukan lagi pelabuhan industri tetapi telah menjadi marina yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dan penduduk lokal.

Pada hari Minggu, pelabuhan menjadi lebih ramai karena itu juga merupakan kesempatan pasar terbuka dengan segala macam barang. Vieux Port gemerlap dalam warna kios suvenir yang indah, macaron manis, dan rak yang dilapisi dengan sabun buatan tangan dari semua jenis aroma yang dicampur dengan karangan bunga. Lavender ungu kering memancarkan aroma harum yang tertiup angin.

Di sisi lain, tepat di sebelah haluan, nelayan menjual ikan segar dalam obrolan dan saya perhatikan bahwa penjual dan pembeli tampaknya lebih suka mengobrol daripada membeli dan menjual. Bagaimanapun, itu juga merupakan bagian dari kepribadian Marseillaise, selalu ceria, liberal dan berpikiran terbuka seperti angin dan laut di sini. Datang ke sini, Anda akan terpesona dan ingin menghabiskan sepanjang hari berkeliaran menghitung layar putih yang berlabuh tinggi di langit biru.

Calanques di kota pelabuhan Marseille sangat indah dalam kata-kata. Di sini Anda dapat mengagumi birunya laut Mediterania yang aneh dikelilingi oleh tebing putih. Saat matahari terbit, teluk yang damai memantulkan cahaya sore dan terkadang beberapa kano lewat dengan garis-garis putih panjang, membuat gambar laut dan langit semakin indah dan ajaib.

Hanya sekitar 45 menit berkendara dari Marseille adalah daerah Calanques lain yang disebut Calanques de Cassis, yang mengelilingi desa nelayan kecil dan indah yang terkenal dengan tiram dan sup ikannya yang lezat, terpesona oleh matahari dan angin, dengan keindahan alam yang menawan. diberikan di tempat ini.

Setengah dari area di kota pelabuhan Marseille adalah kawasan hutan alam, yang juga merupakan harta kota dan dilestarikan dengan hati-hati. Ada banyak jenis pohon yang berbeda di sini, dan pohon pinus ditanam untuk diambil getahnya. Di sepanjang kedua sisi kota terdapat banyak fyord, pelabuhan, dan pantai kecil. Tempat wisata yang paling menarik adalah Catalans Bay, Auffe, Goude, dengan rantai restoran yang ramai, toko khusus Midi, dan area pantai kelas atas. Kota ini juga memiliki arena pacuan kuda, kebun raya, area taman Borely, museum seni modern, dan stadion Velodrome.

  • Masakan di  Marseille

Sumber : https://www.bing.com/ck/a?!&&p=88db90711d79018fJmltdHM9MTY2ODk4ODgwMCZpZ3VpZD0wNTMzZDQ0Ny03OTRhLTY1NjYtMmQ5ZS1jNWU1NzgyZjY0YjYmaW5zaWQ9NjMxNg&ptn=3&hsh=3&fclid=0533d447-794a-6566-2d9e-c5e5782f64b6&u=a1L3RyYXZlbC9wbGFjZS1pbmZvcm1hdGlvbj9xPU1hcnNlaWxsZSZTSUQ9Mjc5NWM4MDUtZDk5NC0zNWI1LTc2NmItZDY3ZTkyNmRiMzhlJmZvcm09UExBQ0FC&ntb=1

Kota pelabuhan Marseille memiliki masakan yang kaya, tetapi yang paling menonjol adalah sup ikan tradisional yang disebut ” bouillabaisse “. Awalnya, Bouillabaisse adalah sup makanan laut dari nelayan miskin, tetapi seiring waktu, itu telah menjadi hidangan ikonik di Marseille dan tersedia di hampir setiap restoran mewah di Prancis.

Perbedaan besar antara Bouillabaisse dan sup ikan biasa adalah rasa manis dari ikan segar yang diolah dengan aroma rempah yang kaya. Daging ikan putih dan warna kuning kunyit bekerja sama secara harmonis dalam sup elegan yang terbuat dari anggur putih beraroma. Setiap tempat memiliki cita rasa tersendiri dan bagi saya, sup ikan sebagai bagian kecil dari Marseille pasti akan tetap dalam ingatan saya selamanya.

Meski tidak semegah Paris, kota pelabuhan Marseille tetap memiliki gaya yang sangat unik, yaitu dinamis dan tenang serta puitis. Perjalanan ke Marseille pasti akan meninggalkan banyak perasaan yang tak terlupakan bagi pengunjung.

Baca juga : https://pariwisatakalimantanbarat.net/wisata-sejarah-dan-budaya-lyon